Apa Yang Dimaksud Dengan DeFi? Manfaat dan Kelebihan

Apa Yang Dimaksud Dengan DeFi?.DeFi (diucapkan dii-fy) adalah kependekan dari decentralized finance. DeFi adalah istilah baru yang memungkinkan Anda untuk mengabaikan adanya perantara dan melakukan transaksi keuangan secara langsung dengan orang lain,

dan popularitasnya dengan cepat meningkat sebagai alternatif dari layanan keuangan konvensional.

DeFi dapat membantu Anda melakukan sebagian besar hal yang ditawarkan oleh bank konvensional dan lembaga keuangan terpusat, dengan produk dan transaksi baru yang tersedia setiap hari. 

Sekarang, mari lihat bagaimana DeFi berbeda dari konsep keuangan konvensional, bagaimana hubungannya dengan blockchain, dan berbagai manfaatnya-mulai dari pertukaran mata uang hingga peminjaman aset digital. 

Apa Yang Dimaksud Dengan DeFi?  

Keuangan yang terdesentralisasi atau disingkat sebagai DEFI adalah ekosistem aplikasi keuangan berdasarkan teknologi blockchain yang dapat beroperasi tanpa otoritas pusat seperti bank atau lembaga keuangan lainnya. 

DeFi merupakan layanan keuangan terdesentralisasi pada blockchain yang berbeda dengan layanan keuangan “terpusat” yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan konvensional lainnya.  

DeFi memungkinkan setiap penggunanya dapat berpartisipasi dalam menyediakan berbagai layanan yang ditawarkan oleh bank-bank konvensional dengan menggunakan mata uang fiat yang disahkan oleh Pemerintah atau Regulator. 

Seperti peminjaman, utang, perolehan bunga, perdagangan aset, pembelian asuransi, dan masih banyak lagi. 

Layanan DeFi cenderung lebih cepat, lebih murah, dan lebih sederhana, dengan berbagai keunggulan dan layanan baru yang ditawarkan setiap hari. 

Apa Itu Keuangan Derdesentralisasi? 

Keuangan terdesentralisasi memungkinkan orang untuk melakukan transaksi secara langsung dengan orang lain menggunakan jaringan blockchain, tanpa melalui institusi terpusat seperti bank. Cara ini meniadakan pihak perantara dan membuat transaksi keuangan menjadi lebih cepat, lebih murah, dan lebih efisien. 

Dengan DeFi, Anda dapat mengontrol aset Anda melalui dompet digital yang aman dan menggunakan smart contract untuk melakukan transaksi.

Ini memberi Anda akses ke berbagai layanan keuangan, mulai dari pinjaman peer-to-peer hingga pertukaran melalui decentralized exchange. DeFi terbuka untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet, menjadikan layanan keuangan jauh lebih mudah diakses. 

Perbedaan DeFi Dengan Keuangan Terpusat (Centralize Finance)

Keuangan terpusat adalah sistem keuangan umum di seluruh dunia yang saat ini digunakan, seperti sistem pembayaran, kredit, dan aktivitas transaksi yang melewati pihak ketiga dan perantara yang diawasi secara ketat oleh regulator lokal.

Disisi lain, keuangan terdesentralisasi, memberikan sejumlah besar keuntungan karena memungkinkan orang untuk bertransaksi melalui aplikasi keuangan menggunakan jaringan blockchain, sehingga menghilangkan perantara, tidak seperti layanan bank konvensional. 

Menghilangkan perantara secara alami memangkas biaya dan mempercepat segalanya, tetapi DeFi juga membuat layanan keuangan jauh lebih mudah diakses.

Dalam dunia keuangan terpusat, tidak semua orang diizinkan untuk membuka rekening bank atau diberi akses ke layanan keuangan tertentu. Oleh karena itu, DeFi dapat membantu jutaan orang di seluruh dunia yang saat ini tidak memiliki akses ke layanan perbankan. 

DeFi juga memiliki kelebihan dalam memberikan fleksibilitas yang lebih besar, misalnya dengan tidak terbatasnya jam operasional seperti halnya pada layanan keuangan terpusat. 

Bagaimana Cara Kerja DeFi?  

DeFi menggunakan smart contract yang tidak memerlukan lembaga keuangan konvensional untuk berperan sebagai penjamin transaksi, sebaliknya, para pengguna dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi saling bertransaksi satu sama lain secara langsung, dan transaksinya dilakukan melalui teknologi blockchain.

Sebagian besar produk DeFi tidak menahan dana Anda, sehingga Anda tetap memegang kendali atas aset Anda. 

Dengan menggunakan DeFi, Anda mengakses dana atau aset Anda menggunakan dompet digital yang aman. Ketika Anda ingin bertransaksi, Anda dapat memulai transaksi melalui smart contract, yang berarti Anda dan pihak lain menyetujui serangkaian ketentuan tertentu.

Sebagai contoh, smart contract dapat dibuat untuk mengirim dana ke akun tertentu secara teratur, dan ini akan terus berlanjut asalkan dana yang tersedia cukup.

Setelah smart contract dibuat, smart contract tidak dapat diubah, sehingga dana tidak dapat dialihkan dan dikirim ke akun yang berbeda.  

Sebagian besar aplikasi DeFi dibangun di atas platform blockchain Ethereum, meskipun platform lain, seperti Cardano, Binance Smart Chain, atau Solana, juga dengan pesat mengembangkan aplikasi serupa.

DeFi masih dalam tahap awal dibandingkan dengan sistem keuangan terpusat, sehingga banyak bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang dirilis setiap saat. 

Dompet DeFi itu apa? 

DeFi wallet memudahkan Anda untuk menyimpan aset kripto Anda dengan aman, sekaligus memberi kendali penuh atas private key Anda. Artinya, Anda tidak perlu bergantung pada pihak ketiga untuk menyimpan aset kripto Anda. 

Token DeFi itu apa? 

Token adalah aset kripto yang dikembangkan di blockchain yang sudah ada. Misalnya, UniSwap (UNI) adalah salah satu token yang berjalan dan berkembang di blockchain Ethereum. 

Apa itu koin DeFi? 

Koin DeFi adalah koin utama yang menjadi koin asli dari sebuah blockchain. Misalnya, Ether (ETH) adalah koin asli dari blockchain Ethereum, Bitcoin adalah koin asli dari blockchain Bitcoin dan ADA adalah koin asli dari blockchain Cardano. 

Apa itu DeFi staking? 

DeFi staking adalah sebuah metode untuk memperoleh keuntungan dari kepemilikan kripto melalui validasi transaksi atau menempatkan aset Anda untuk sementara waktu melalui platform DeFi staking. 

Aplikasi DeFi di Ethereum 

Sebagai platform blockchain yang mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan smart contract, Ethereum secara alami sangat cocok untuk DeFi.

Blockchain Ethereum menyimpan riwayat transaksi dan juga statistik akun, sementara Ether dan mata uang kripto lainnya digunakan sebagai aset.

Pada gilirannya, smart contract digunakan oleh aplikasi yang terdesentralisasi, memberi jalan bagi smart contract baru yang dinamis.

Mengingat DeFi bersifat open-source, protokol dan aplikasinya dapat diakses secara luas. 

Ethereum dikenal karena fleksibilitasnya, memungkinkan pengembang untuk membangun dApps dengan mudah.

Fleksibilitas ini berarti sudah ada solusi DeFi untuk sebagian besar layanan keuangan, dengan kemungkinan menciptakan produk keuangan baru yang inovatif.

Karena begitu banyak aplikasi DeFi dibangun di platform Ethereum, banyak dari produk tersebut yang dapat berfungsi dengan baik. 

Apa Yang Dimaksud Dengan Smart Contract? 

Smart contract adalah kontrak yang dieksekusi secara mandiri oleh blockchain. Setiap pihak dalam kontrak membuat ketentuan yang memungkinkan terjadinya transaksi smart contract tanpa memerlukan otoritas pusat atau perantara.

Smart contract menggunakan pernyataan sederhana “jika ini … maka …” yang ditulis dalam kode. Pernyataan ini berjalan secara otomatis ketika kondisi yang telah ditetapkan sebelumnya terpenuhi.

Anda dapat menggunakannya untuk melakukan hal-hal seperti mengirim dana ke akun tertentu pada hari tertentu. 

Smart contract dianggap sebagai cara yang lebih aman, transparan, dan efisien bagi pihak-pihak yang bertransaksi satu sama lain jika dibandingkan dengan sistem yang cenderung konvensional.

Smart contract juga dianggap dapat mengurangi biaya, karena menghilangkan biaya birokrasi yang mahal.

Manfaat DeFi Untuk Saat ini dan Masa Depan  

Platform Ethereum memungkinkan Anda mengirim aset digital ke seluruh dunia dengan lancar. Walaupun pinjam meminjam adalah kelebihan utama DeFi,

Namun juga terdapat fitur tabungan, tempat dimana Anda bisa mendapatkan bunga dari aset kripto, fitur trading, pengelolaan dana, dan asuransi. 

DeFi Sebagai Sarana Pertukarkan Aset Kripto 

DEX, atau DeFi currency exchange, adalah platform peer-to-peer sehingga memungkinkan trader untuk saling bertukar mata uang kripto satu sama lain.

DEX tidak hanya memfasilitasi perdagangan langsung antar trader, atau tanpa perantara, tetapi pengguna dapat merahasiakan identitasnya.

Trader secara khusus memiliki kontrol penuh atas dompet mereka, serta bisa mengkases ribuan token melalui kunci pribadi mereka.  

Stablecoin DeFi 

Dengan terikat pada mata uang yang stabil seperti dolar AS atau aset semacam emas, Stablecoin dimaksudkan untuk menghilangkan volatilitas yang tinggi yang banyak ditemukan pada mata uang kripto.

Artinya, stablecoin dianggap sebagai mata uang yang sesuai untuk digunakan dalam transaksi harian dibandingkan mata uang kripto yang sangat fluktuatif lainnya.

Stablecoin mudah ditransfer ke berbagai penjuru dunia, memungkinkan pengiriman uang dalam jumlah besar dan lebih ekonomis bahkan relatif lebih cepat. Stablecoin juga menawarkan potensi bunga bagi penggunanya. 

DeFi Lending (Peminjaman DeFi)  

Semakin populer, DeFi lending memungkinkan Anda untuk meminjamkan aset digital kepada orang lain sekaligus memperoleh bunga.

Pemberi pinjaman (lender) bisa mengakumulasi aset mereka dengan lender lain, menentukan persyaratan melalui smart contract.

Peminjam (borrower) harus menyetor jaminan berupa mata uang kripto untuk mendapatkan pinjaman. Ini berarti peminjam memiliki kebebasan untuk mengakses dana dalam koin utama seperti Bitcoin, dengan mengajukan jaminan dalam mata uang kripto yang berbeda.

Ketika Anda meminjam melalui DeFi, sepanjang Anda melakukan pembayaran cicilan bunga, Anda dapat meminjam Bitcoin tanpa harus menjual aset jaminan Anda. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat meminjam dalam jumlah yang lebih besar dari jaminan yang Anda berikan. 

 

Mungkin Anda juga menyukai