Adata SU650 120GB SSD Murah Performa Mantap 

Adata SU650 120GB SSD Murah Performa Mantap. SSD atau Solid State Drive (Solid State Disk) adalah perangkat keras penyimpanan pada komputer atau laptop yang memiliki kecepatan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan harddisk (HDD). 

Saat ini semakin banyak produsen laptop yang mulai menggunakan SSD untuk penyimpanan pada seri laptop terbaru mereka. 

Penyimpnanan ini terkenal handal, lebih ringan, lebih ramping dan juga tidak mengeluarkan suara yang berisik layaknya Hard Disk. 

Selain berbagai kelebihan diatas alasan utama mengapa banyak laptop yang mulai menggunakan SSD sebagai penyimpanan utama adalah karena bisa mempercepat kinerja dan performa,  

kecepatan baca tulis pada suatu penyimpanan sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah perangkat seperti komputer maupun laptop. 

Ramainya sentimen positif tentang SSD menjadikan orang-orang juga mulai mengganti penyimpanan utama pada komputer mereka dari HDD ke SSD, 

Penyimpanan ini biasanya dijadikan sebagai wadah sistem operasi mereka, kemudian HDD sebagai penyimpanan sekunder untuk menyimpan file-file.   

Hal ini dikarenakan jika menggunakan HDD(Hard Disk) sebagai wadah untuk sistem operasi biasanya performa kurang maksimal dan bisa memakan waktu beberapa menit sampai komputer benar-benar bisa digunakan dengan lancar,  

Sedangkan menggunakan SSD untuk wadah sistem operasi komputer akan mempercepat waktu booting bahkan hanya membutuhkan beberapa detik sampai komputer masuk ke menu utama dan siap digunakan. 

Ada banyak sekali merk yang bisa anda pilih seperti Samsung, Kingston, TeamGroup dan Adata. 

SSD murah harga mulai 180 ribuan 

Sekarang banyak sekali merk ssd yang menawarkan harga murah dengan performa yang kencang dan bisa bersaing,  

beberapa merk terkenal dibawah ini menawarkan produk mereka dengan harga yang murah dipasaran : 

Kingston V400 120GB 

Dibanderol dengan harga 180ribuan dan dengan kapasitas 120GB, ini adalah salah satu pilihan yang tepat bagi yang ingin merasakan performa perangkatnya lebih kencang. 

Adata SU650 120GB 

Produsen satu merilis produk mereka di range harga 250.000an dengan kapasitas 120GB walau harganya sedikit lebih mahal namun menawarkan keunggulan yang tidak bisa diremehkan, 

Memiliki ukuran 2.5 inci , mendukung sata III dengan kecepatan 6 Gb/s serta sangat tangguh dan tidak mudah rusak. 

V-Gen Platinum 120GB 

Memiliki range harga yang hampir sama dengan adata spek dan keunggulan dari V-Gen platinum 128GB ini juga tidak jauh berbeda. 

Dengan interface  SATA 3 – 6 GB/s dan Form Factor 2.5 inch. 

RX7 240GB 

Ini adalah produk yang sangat laris di pasaran dengan harga berkisar Rp220.000 dan memiliki masa garansi sampai 3 tahun. Selain kapasitasnya yang besar kecepatan dan keunggulannyapun tidak bisa diremehkan, 

Menggunakan interface SATA 3 dengan kecepatan hingga 6Gb/s. 

Dari ke 4 SSD diatas saya telah melakukan pengujian menggunakan ssd adata 120GB, dibawah ini adalah hasilnya. 

REVIEW SSD Adata SU650 120GB 

Pertama yang di uji adalah seberapa tangguh dan awet merk ini, menggunakan software HDD sentinel bisa dilihat bahwa setelah masa pemakaian lebih dari 100hari 

Tidak ada penurunan terhadap kinerjanya, bahkan kesehatan dan performanya masih 100% excellent. 

Di bawah ini adalah screen shoot dari software HDD sentinel  

hdd sentinel adata

Untuk tes kecepatan bisa dilihat pada gambar dibawah ini 

crystal mark adata

Menggunkanan software CrystalDiskMark hasilnya SSD ini memiliki kecepatan baca 388MB/s dan kecepatan tulis 36MB/s. 

Penggunaannya pada perangkat komputer untuk berbagai kegiatan seperti edit video, serta streaming.  

Apakah Adata SU650 120GB Awet? 

Penyimpanan SSD terkenal cukup rapuh, dalam beberapa kasus ada kejadian dimana SSD menjadi tidak bisa diakses atau rusak ketika sering dihadapkan pada kondisi listrik yang tiba-tiba mati. 

Namun Adata SU650 ini cukup tangguh, sudah sering sekali menjumpai listrik yang tiba-tiba padam, 

bahkan beberapa kali kejadian listrik hidup dan mati dalam waktu yang singkat namun SSD ini masih berfungsi dengan baik bahkan performanya tidak turun. 

Bisa dilihat dari gambar performa Read dan Writenya masih sangat bagus walaupun sudah dipakai selama lebih dari 100 hari dan walau sering kejadian listrik padam. 

SSD 120 GB Apakah Sudah Cukup?

Kapasitas 120 GB sudah sangat cukup untuk menyimpan file sistem operasi komputer bahkan masih bisa ditambah dengan menginstall beberapa aplikasi lain seperti adobe photoshop, adobe premier corel draw dan juga masih bisa untuk menyimpan file” lainnya.

Namun jika anda adalah seorang gamer yang suka bermain banyak game tentu 120GB tidak akan cukup, pilihan terbaik adalah menjadikan SSD sebagai wadah untuk sistem operasi kemudian install game-game anda pada penyimpanan Hard Disk.

Kelebihan SSD 

Kelebihan SSD diantaranya lebih cepat, lebih tahan lama, lebih ringkas, lebih tenang, serta mengonsumsi lebih sedikit energi 

Kekurangan SSD 

Hal paling dasar dari kekurangannya yang bisa dirasa oleh setiap orang adalah harganya yang lebih mahal ketimbang Hard Disk serta memiliki masa pakai. 

Semakin sering SSD dipakai performanya akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. 

Mungkin Anda juga menyukai