14 Kumpulan Game NFT Play to Earn Gratis dan Berbayar

14 Kumpulan Game NFT Play to Earn Gratis dan Berbayar.Non-fungible token (NFT) telah menjadi topik hangat dikalangan komunitas pecinta game. Kehadiran NFT dalam video game saat ini sedang menjadi tren baru, dan tampaknya memiliki potensi yang cukup besar untuk mengguncang dunia game. 

 Keberadaan NFT dalam game diharapkan dapat meningkatkan pegalaman bermain game bagi para gamers secara keseluruhan dan memberikan mereka beragam metode untuk kustomisasi dan berinteraksi dengan karakter mereka. 

Dengan bantuan teknologi blockchain, game NFT akan dapat menunjukkan bukti kepemilikan item dan memberikan keamanan terhadap item-item dalam game.  

Menyalahgunakan bug atau mekanisme lain untuk menggandakan item menjadi sesuatu yang mustahil karena item tersebut bersifat unik. 

Game bermodel play-to-earn mulai membanjiri pasaran, namun hanya beberapa game yang mampu memenangkan persaingan.  

Mayoritas game ini memulai peluncurannya bersama dengan token utilitas dan governance, sekaligus merupakan bagian inti dari petualangan game mereka.  

Produk-produk NFT memberikan gambaran mengenai jalannya permainan karena masing-masing pemain akan merasakan keunikan tersendiri, dan mereka biasanya dapat menghasilkan uang saat memainkan game tersebut. 

Game-game berikut adalah game NFT yang populer. Sebelum Anda mencoba salah satu dari permainan berikut, sebaiknya Anda memahami tentang konsep NFT dan model Play-to-Earn, dua elemen yang membedakan game-game ini dari game-game lain di pasaran. 

14 Kumpulan Game NFT Play to Earn Gratis dan Berbayar

1. Axie Infinity

axie

Sepanjang musim panas, Axie Infinity menjadi game NFT yang paling populer. Game ini hampir mirip dengan Pokémon, dimana para pemain bisa mengembangbiakkan ( breeding ) dan mengumpulkan pet atau hewan peliharaan yang dinamai Axies.

Semua hewan peliharaan ini adalah aset berbasis NFT, sehingga menjadikannya unik dan berbeda satu sama lain.  

Semua Axies memiliki kekuatan dan kelemahan, dan keistimewaan ini akan diturunkan secara genetik ke keturunan Axies, sehingga mengembangkannya menjadi tantangan yang nyata.

Kebanyakan pemain akan menginginkan Axie dengan kemampuan yang sempurna sehingga mereka dapat mengalahkan pemain lain dalam pertarungan PvP. 

Mata uang lain dalam game ini, Smooth Love Potion (SLP), dapat diperoleh dengan cara menyelesaikan quest, pertempuran, atau petualangan. SLP juga dapat dibeli dari bursa kripto yang dapat digunakan untuk mengembangbiakkan Axies. 

Axie Infinity saat ini tersedia di PC dan perangkat Mobile. Meskipun belum ada tanggal yang ditetapkan, game ini akan memulai debut resminya di Google Play dan App Store Apple dalam beberapa bulan mendatang.

Jika pengguna Android ingin memainkan game ini, mereka harus mengunduh APK dan menginstalnya di ponsel mereka, sementara pengguna iOS harus bergabung dengan TestFlight untuk dapat mengunduh Axie. 

Pemain PC dapat mengakses game melalui Mavis Hub. Pemain juga perlu membuat Ronin Wallet untuk dapat mulai memainkan Axie. 

2. STEPN

stepn

STEPN adalah aplikasi gaya hidup/kebugaran (lifestyle/fitness) yang berbeda dari sebuah game, tetapi masih menggunakan unsur NFT dan memadukan dengan aktivitas gamifikasi dalam keseluruhan mekanismenya.

Aplikasi Web3 NFT ini memberi insentif kepada penggunanya untuk melakukan gerakan dengan berjalan atau berlari. 

Langkah awal untuk bermain STEPN, pemain harus membeli sepatu digital di dalam aplikasi ini. Sepatu STEPN tersedia sebagai NFT Solana, dan setiap pasangnya akan dilengkapi dengan berbagai statistik dan keunikan.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan GST, mata uang dalam aplikasi game ini, setelah mengaktifkan GPS dan mulai bergerak. 

Jumlah GST yang akan Anda peroleh dari berjalan dan jogging akan bergantung pada statistik sepatu Anda.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan sepatu Anda dan memperbaikinya, supaya reward yang akan didapatkan tidak berkurang. 

STEPN tersedia di perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini dapat diunduh di toko aplikasi masing-masing platform.

Pemain akan membutuhkan kode akses untuk dapat membuat akun STEPN nya. Untuk mendapatkan kode akses, Anda perlu bergabung dengan channel Telegram resmi game atau Discord dan meminta kode akses kepada pemain lain. 

3. My Neighbor Alice

My Neighbor Alice

Meskipun game ini belum diluncurkan secara resmi di pasaran, namun game ini mendekati tahap tes alpha yang direncanakan pada kuartal kedua tahun 2022. 

My Neighbor Alice terinspirasi dari game seperti Stardew Valley dan Animal Crossing, sekaligus berupaya mengembangkan formula keberhasilan mereka menggunakan NFT dan elemen blockchain lainnya. 

Pemain akan mulai mengolah tanah virtual mereka dan mendapatkan hadiah dengan menyelesaikan tantangan harian.

Hadiah ini akan datang dalam bentuk ALICE, mata uang asli game, yang dapat digunakan pemain untuk membeli berbagai item dari marketplace game. Marketplace juga memungkinkan pemain untuk menjual produk dan item kreasi mereka sendiri. 

My Neighbor Alice berencana untuk menyelesaikan tahap alfa dan memulai versi beta-nya pada tahun 2022 dimana para pemain dapat mengunduh game ini di Steam ketika sudah dirilis. 

4. Star Atlas

star atlas

Star Atlas berlatar belakang di luar angkasa. Setelah memasuki dunia Star Atlas yang menarik, pemain akan menjelajahi ruang angkasa, menambang sumber daya, dan membangun kapal mereka. 

Sepanjang bertualang di luar angkasa, pemain akan menyelesaikan tantangan dan membuat item baru, yang memungkinkan pemain untuk berkembang dalam permainan. Hampir semua item di Star Atlas adalah NFT yang dapat diperdagangkan.

Game ini menggunakan blockchain Solana, yang berarti pemain akan membutuhkan dompet kripto yang mendukung jaringan Solana untuk mulai bermain game.  

Star Atlas menargetkan rilis tahun 2022, dan ada juga roadmap yang dapat digunakan pemain untuk melihat perkembangan game saat ini. 

Jika Anda ingin mencoba Star Atlas, Anda dapat memulai langkah awal dengan membuat dompet Solana. 

5. The Sandbox Game

sandbox

The Sandbox Game adalah salah satu pelopor game NFT di dunia crypto.

Game ini terlihat mirip dengan Minecraft, Sandbox juga menggunakan desain berbasis voxel. Pemain dapat membuat, membagikan, dan memonetisasi aset digital di Sandbox dengan bantuan teknologi NFT.

Mulai dari tanah hingga item, ada banyak item NFT di Sandbox yang dapat dibeli atau dijual pemain di marketplace game dengan menggunakan mata uang SAND, mata uang asli game tersebut. 

Berbekal tools yang memadai, pemain dapat membuat sebuah game map, level, dan juga menyelesaikan tantangan di Sandbox.

Meskipun Sandbox telah menjadi salah satu game NFT yang populer di kalangan gamers, keberhasilannya juga menarik perhatian perusahaan-perusahaan seperti Atari dan Square Enix.

Dari kedua perusahaan tersebut ditambah banyak tokoh terkenal lainnya membeli tanah di Sandbox untuk memastikan brand mereka juga termasuk dalam salah satu game NFT/metaverse terbesar di pasaran. 

Pemain harus menggunakan dompet kripto seperti berikut ini untuk mulai bermain Sandbox: Metamask, Bitski, dan Coinbase Wallet. 

Baca juga : Phantom Galaxy, Game NFT Blockchain Paling Ditunggu 2022

6. Dogami

dogami

Jika Anda tidak memiliki tempat di rumah untuk mengadopsi anjing, Dogami akan memberi Anda kesempatan untuk menjadi pemilik anjing di “Petaverse”-nya.

Pengalaman gameplay di Dogami menyerupai kombinasi Tamagotchi dan Nintendogs Nintendo. 

Dibangun di blockchain Tezos, pemain dapat membeli anjing virtual dan membesarkan mereka hingga dewasa. Anjing-anjing dalam game ini memiliki karakteristik yang berbeda, dan semuanya akan memiliki sifat yang unik. 

Sepanjang perjalanan Anda dalam game, Anda akan dapat membangun sendiri berbagai koleksi hewan kesayangan , dan berpartisipasi dalam berbagai mode permainan untuk mendapatkan hadiah dalam bentuk DOGA, mata uang asli game ini. 

7. Decentraland

decentraland

Game ini menawarkan pengalaman terbaik di kedua sisi, dimana Decentraland adalah pengembang NFT dan metaverse.

Dalam tampilan awal, Decentraland mengharuskan Anda untuk membuat avatar yang dipersonalisasi dan dapat Anda sesuaikan.  

Selanjutnya, avatar Anda akan memasuki dunia virtual Decentraland, di mana Anda dapat menjelajahi dan berkomunikasi dengan pengguna lain.

Decentraland terkenal karena memungkinkan Anda membeli sebidang tanah virtual, yang kemudian dapat digunakan untuk membangun real estat.

Nantinya, real estat ini direpresentasikan dalam bentuk token NFT, yang kemudian dapat dijual di marketplace umum. 

Selain memiliki tanah dan real estate, Anda juga bisa memiliki berbagai NFT yang memudahkan untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik di Decentraland.

Setiap NFT yang dijual di ekosistem Decentraland dibayar dengan MANA – yang merupakan token asli platform ini. 

Sebagai salah satu platform game NFT terbaik, Decentraland secara rutin meluncurkan game NFT baru yang menarik, dengan demikian sering kali terdapat sesuatu yang baru untuk dicoba. 

8. Gods Unchained 

god unchained

Gods Unchained Game ini difokuskan pada strategi permainan kartu NFT yang dimainkan berdasarkan keahlian.

Setiap kartu akan memiliki kekuatan dan kelemahan tertentu, yang akan menentukan hasil dari pertempuran antar kartu. 

Jika pemain berhasil menyelesaikan tugas-tugas utama dalam game, pemain berkesempatan untuk mendapatkan kartu NFT yang langka dan sangat diminati pemain lain.

Gods Unchained adalah rumah bagi pasar NFT yang sangat besar yang memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual kartu permainan.

Harganya ditentukan oleh berbagai faktor – misalnya jenis ras dan dewa, serta faktor metrik yang terkait dengan kesehatan dan kemampuan menyerang. 

9. DeFi Kingdoms

defi kingdom

DeFi Kingdoms adalah salah satu game yang memanfaatkan teknologi NFT dan memadukannya dengan pixel art bernuansa fantasi klasik.

Ini adalah game yang tampak Seperti game role-playing SNES dari tahun 90-an atau indie modern, anggap saja Harvest Moon. 

DeFi Kingdoms menunjukkan kepada kita bagaimana NFT dapat digunakan dalam game sambil memadukan manfaat NFT dengan desain game klasik.

Anda dapat memainkan DeFi Kingdoms sebagaimana Anda memainkan RPG klasik – melakukan petualangan untuk mendapatkan XP dan item,

mengelola sumber daya dalam game, dan mengembangkan karakter Anda. Di DeFi Kingdoms, Anda dapat mengumpulkan token JEWEL yang dapat dikonversi menjadi mata uang kripto Harmony One. 

Melalui DeFi Kingdoms, Anda dapat menjelaskan tentang NFT yang rumit dan konsep kripto yang terdesentralisasi kepada orang-orang dengan menggunakan cerita dan pengetahuan.

DeFi Kingdoms merupakan pintu gerbang NFT namun yang disayangkan, tidak ada akses masuk gratis untuk bermain (belum ada). 

10. Splinterlands

splinterlands

Splinterlands menawarkan permainan kartu digital dengan sistem pengoleksian dan jual-beli kartu digital.

Salah satu keunggulan NFT adalah dapat membuat kelangkaan (“rarity”) yang terjamin dan memperbolehkan para pemain untuk jual-beli dan mengoleksi kartu-kartu digital.

Setiap transaksi di Splinterlands dicatat di blockchain Hive, memastikan semuanya dapat dijamin kebenarannya. 

Gameplaynya serupa dengan Gods Unchained dan permainan strategi pertarungan kartu lainnya seperti game non-NFT Hearthstone.

Kartu memiliki peringkat dan statistik, serta beberapa di antaranya langka dan bernilai lebih tinggi. Kartu kembar dapat digabungkan untuk meningkatkan kekuatannya.  

Berbeda dengan Gods Unchained, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk memainkan Splinterlands, sebuah paket kartu harus dibeli sebelum Anda bisa mulai bermain.

Kartu yang akan Anda dapatkan bersifat acak, artinya terdapat mekanisme loot box yang membayangi Splinterlands.

Namun begitu masuk ke dalam game, Anda bisa mendapatkan tambahan kartu dari pertarungan dan quest. 

11. Sorare

sorare

Sorare adalah sebuah game sepak bola dengan fitur NFT, dimana sekarang ada edisi MLB juga (diluncurkan 19 Juli 2022).

Permainan ini memadukan antara kedua konsep tersebut ke dalam turnamen mingguan yang mana koleksi kartu akan dipengaruhi oleh statistik di dunia nyata dan peristiwa-peristiwa di liga-liga sepak bola dunia. 

Koleksi kartu-kartu pemain sepak bola dari seluruh dunia dan pilihlah lima pemain bintang olahraga untuk mengikuti kompetisi mingguan.

Performa para pesepak bola ini dalam seminggu akan menentukan jumlah poin Anda, layaknya sepakbola fantasi. Ada lebih dari 200 klub berlisensi dalam permainan ini, termasuk Real Madrid, Liverpool dan Bayern Munich. 

Meskipun untuk masuk dan mendapatkan starter pack gratis, dan Anda juga bisa memenangkan serta mendapatkan kartu langka dan juga Ethereum dari bermain,

namun Anda akan perlu membeli kartu langka, super langka, dan unik jika ingin berkembang dan memenangkan lebih banyak pertandingan. 

12. Parallel

parallel

Parallel secara visual merupakan salah satu game NFT yang paling inovatif. Game ini adalah permainan kartu fiksi ilmiah.

Bercerita tentang berbagai aspek seperti ras yang berbeda dan berkumpul bersama untuk menemukan kebenaran yang sama,

guna menyelesaikan perbedaan dan menyelamatkan alam semesta, ini menunjukkan bahwa Paralel menawarkan sebuah kolaborasi antar kelompok dalam mengumpulkan koleksi kartunya.  

Berbagai cara untuk mengumpulkan kartu menghasilkan hadiah yang berbeda melalui pemberian token PRIME.

Langkah ini akan membuka jalan masuk ke ekosistem Echelon yang mana tujuan tim dan mitra lainnya adalah untuk memperkenalkan berbagai proyek baru. 

Meskipun permainan pertarungan kartu telah ada, Parallel berupaya untuk menciptakan kembali mekanisme permainan kartu yang berbasis kripto dengan grafik yang bagus, storytelling, dan DEFI (decentralized finance) – khususnya,

tidak akan ada pencetakan ulang kartu, untuk mempertahankan kelangkaannya. 

13. The Waking Dead: Empires

walking dead

The Walking Dead: Empires adalah salah satu genre baru game NFT yang berizin dan dirancang menyerupai gameplay game linear,

yaitu game MMORPG tentang bertahan hidup, sekaligus menghadirkan sistem NFT sebagai fondasi untuk memainkannya.

Dengan begitu Anda dapat bermain dan memperoleh keuntungan, sekaligus bekerja sama dengan tim agar dapat bermain game dengan aktivitas sosial yang kuat. 

Anda dapat membeli dan memiliki kartu serta item yang dapat dikoleksi, membuat perlengkapan baru, membangun kota, memiliki tanah seperti halnya dalam game ‘standar’,

tetapi apabila ada pemain lain yang menggunakan perlengkapan Anda atau menggunakan tanah Anda, penghasilan Anda akan bertambah. 

Hebatnya lagi, TWD: Empires bermitra dengan VOXverse, yang dikembangkan oleh Will Wright kreator The Sims yang legendaris.

TDW: Empires NFT memanfaatkan VOXverse untuk memudahkan para pemain berdagang dan bermain di seluruh metaverse game serta event.

Sama halnya dengan banyak game NFT yang sudah dikembangkan, Anda dapat membeli koleksi kartu karakter dan mulai menyusun strategi permainan Anda. 

14. Bridgeworld (TreasureDAO)

bridgeworld

Bridgeworld adalah game pertama dari TreasureDAO, sebuah ekosistem menarik yang menggunakan token MAGIC sebagai mata uangnya.

Bayangkan bahwa TreasureDAO seperti ‘Nintendo of the metaverse’ terdesentralisasi yang menjadi wadah dan menghubungkan berbagai game sekaligus.

Bridgeworld akan dirilis pada bulan September, tetapi cerita yang ada di dalamnya sudah mulai dibangun. 

Bridgeworld menawarkan beragam cara untuk mengumpulkan harta karun – mulai dari quest, penambangan, dan berbagai fitur komunitas.

Mengumpulkan harta karun akan meningkatkan potensi staking Anda di Atlas Mine. Selain itu, pemain dapat bergabung dengan guild untuk meningkatkan kekuatan penambangan mereka. 

Apa itu NFT dalam game? 

NFT di dalam game bisa dianggap sebagai aset, ini bisa berupa item dalam game, pakaian, skin, dll. Apapun yang biasanya harus Anda beli sebagai item bisa menjadi NFT. 

Cara Bermain Game NFT 

Dalam hal ini, Anda memerlukan dompet kripto, seperti MetaMask, yang dapat Anda hubungkan ke situs web game.

Bahkan jika sebuah game gratis untuk dimainkan, Anda harus menghubungkan dompet kripto karena game-game tersebut biasanya akan tetap menawarkan hadiah token gratis.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang harus dilakukan: 

  1. Buat dompet kripto, MetaMask adalah dompet universal.
  2. Anda mungkin akan membutuhkan Ethereum bahkan jika sebuah game menggunakan tokennya sendiri.
  3. Hubungkan dompet Anda ke situs web game tersebut kemudian beli NFT Anda.
  4. Anda juga dapat membeli NFT sebuah game di OpenSea dan menyimpannya di wallet Anda.
  5. Mainkan game, kembangkan dan mainkan hero atau karakter NFT Anda.
  6. Bisakah mendapatkan uang dari game NFT?

Bisakah Menghasilkan Uang dari Game NFT?

Pada dasarnya itulah poin utama dari game play-to-earn. Item, tanah, atau karakter NFT Anda memiliki harga yang nyata karena terkait dengan mata uang kripto.

Anggap saja sebagai saham dalam game tetapi Anda dapat secara langsung merasakan dampaknya karena kelangkaannya,

misalnya jika Anda memiliki karakter dengan sifat unik dan hanya Anda yang memilikinya, maka nilainya akan meningkat.

Anda kemudian dapat menjual karakter tersebut di platform perdagangan blockchain dan memperoleh uang sungguhan.  

Risikonya adalah harga token cryptocurrency dan NFT bisa turun maupun naik, membuat beberapa game NFT rentan terhadap tekanan inflasi/deflasi;

harga yang anjlok dapat membuat pemain meninggalkan game. Dengan menambahkan mode free-to-play dapat mengajak pemain baru untuk menggantikan pemain yang keluar. 

Mengapa Game NFT Penting? 

Beberapa percobaan ekonomi yang menarik terjadi dengan mata uang dalam game tersebut.

Jika Anda menilai dunia kita saat ini didasarkan pada ‘mata uang inflasi’ – beberapa game tersebut akan memperlihatkan sistem lain yang memanfaatkan mekanisme deflasi dan mendemonstrasikan sistem ekonomi alternatif. 

Berapa Yang Sebaiknya di Investasikan Dalam Game NFT? 

Ini jelas bukan saran investasi. Jangan pernah mengeluarkan uang lebih dari yang Anda sanggupi saat kehilangannya. 

Mungkin Anda juga menyukai