Bisakah Harga Pi Network Mencapai $314159?, Atau Hanya Penipuan Omong Kosong? 

Bisakah Harga Pi network mencapai $314159?.Masih belum ada indikasi kapan tepatnya 50 juta orang yang disebut Pioneer atau mereka yang telah mendownload aplikasi Pi Network, akan mendapatkan keuntungan dari koin mereka. 

Sampai sekarang, masih belum ada koin yang diperdagangkan. Masih belum ada transaksi maupun hadiah berupa fiat, sehingga sulit untuk mengetahui berapa harga dari koin PI. 

Penting untuk membedakan koin Pi Network dari token Pi Network DeFi, yang berjalan di blockchain Binance (BNB) serta telah dapat diperdagangkan di Decentralised Exchange (DEX) PancakeSwap.  

Lalu, apa itu Pi Network dan bagaimana cara kerjanya? Pernahkah Anda mendengar tentang cryptocurrency baru dan bertanya-tanya berapakah nilai koin Pi sebagai investasi yang potensial? 

Tulisan ini akan mencoba memberikan gambaran umum tentang apa yang ingin dicapai oleh Pi Network dan berapa perkiraan harga Pi sebelum koin tersebut diperdagangkan. 

Apa itu Pi Network? 

Pi Network adalah proyek cryptocurrency yang dirancang supaya penambangan cryptocurrency dapat diakses dengan mudah, mengingat mata uang generasi pertama seperti Bitcoin (BTC) sudah tidak mudah didapatkan oleh kebanyakan orang. Pi Network, yang dikembangkan oleh tim lulusan Universitas Stanford, ini memungkinkan pengguna untuk menambang koin cryptocurrency Pi menggunakan perangkat komputer maupun aplikasi smartphone, dengan cara memvalidasi transaksi pada jaringan terdistribusi. 

Baca Juga : 9 Daftar Token DeFi Fundamental Bagus 

Bagaimana Jaringan Pi Bekerja? 

roadmap pi network

Berbeda dengan node pada jaringan seperti Bitcoin yang menggunakan protokol proof-of-work (PoW), Node Pi menggunakan algoritma berdasarkan Stellar Consensus Protocol (SCP). Node Pi memvalidasi transaksi di ledger terdistribusi dan mencapai konsensus pada urutan transaksi barunya yang dicatat oleh ledger. 

Melalui protokol SCP, node PI membangun jaringan keamanan, membentuk kelompok yang terdiri dari tiga hingga lima orang tepercaya bagi setiap pengguna jaringan. Kelompok keamanan membentuk jaringan terpercaya global yang mencegah transaksi penipuan, dimana transaksi tersebut baru akan divalidasi di dalam ledger jika node yang terpercaya menyetujuinya. 

Sama halnya dengan kripto lain seperti bitcoin, Pi dirancang untuk melakukan “halving” secara teratur untuk menjaga pasokannya. Halfving berarti jumlah koin yang akan didapat oleh penambang yang memproses transaksi baru dikurangi setengahnya.  

Kecepatan penambangan PI akan berkurang setengahnya menjadi 1,6 π per jam ketika penggunanya mencapai 100.000; kemudian berkurang lagi menjadi 0,4 π per jam ketika penggunanya mencapai 1 juta; dan berkurang lagi menjadi 0,2 π ketika penggunanya mencapai 10 juta. Ini akan terus berkurang hingga mencapai nol saat sudah berjumlah 1 miliar pengguna. 

PI Network Masih Dalam Tahap pra-rilis 

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membeli koin PI untuk portofolio Anda, maka Anda belum bisa. Pengguna yang telah menambang cryptocurrency PI baru bisa menarik atau menukarkan koin mereka ketika blockchain mainnet dibuka sepenuhnya. PI tidak bisa ditransfer selama fase pengujian ini untuk mencegah akun palsu menumpuk koin,

berdasarkan website resmi mereka. Saldo wallet diperkirakan baru akan diaktifkan ketika PI beralih dari mode pengembangan menjadi jaringan mainnet aktif sepenuhnya.  Karenanya, PI masih belum tersedia untuk diperdagangkan di platform jual beli cryptocurrency atau platform perdagangan lainnya. 

Bagaimana Masa Depan Koin PI? 

Sampai saat ini, Perdebatan masih terus terjadi mengenai apakah Pi Network adalah sebuah proyek dengan niat baik atau sebuah penipuan. 

Apabila ini adalah penipuan, ini bukanlah penipuan biasa seperti skema Ponzi karena pengguna tidak menginvestasikan uang mereka – mereka hanya menghabiskan waktu di ponsel mereka.  

Jaringan ini mendapat banyak kritikan karena diduga memanfaatkan komunitasnya dengan cara menjual iklan kepada jutaan pengguna, yang disebutnya sebagai Pioneers (?).  

Meski demikian, penggunanya masih tetap mengumpulkan Pi koin dengan harapan bahwa harganya akan naik tajam setelah jaringannya beroperasi. Walaupun kecepatan penambangan koin telah dikurangi separuhnya,

penggunanya masih dapat meningkatkan kecepatan penambangan mereka dengan cara membangun kerjasama dengan para penambang aktif lainnya. Pengguna baru hanya bisa bergabung dengan Pi Network apabila mereka menggunakan kode referral dari pengguna lain. 

Pengembang proyek menyatakan bahwa keamanan Pi Network telah ditingkatkan melalui jaringan pribadi ini, hal ini akan mendorong pengguna untuk mengajak teman dan keluarga – ini memicu skeptisisme bahwa proyek ini bisa saja merupakan skema piramida atau multilevel marketing.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pengguna hanya dapat memperoleh koin dari jaringan mereka sendiri secara langsung dan bukan dari jaringan koneksi mereka, seperti halnya skema MLM. 

Pi Network tidak menjalankan penjualan koin awal (ICO) maupun crowdfunding, serta koin-koin dalam mainnet tertutup dan koin-koin yang bisa ditambang saat ini tetap berada dalam jaringan tersebut.  

Pada 12 Maret, para pengembang menyampaikan bahwa periode closed mainnet ini akan memberikan waktu kepada para Pioneer untuk menyelesaikan verifikasi KYC, menyempurnakan mainnet, serta mengembangkan lebih banyak fitur baru. Tim pengembang tidak mengatakan kapan jaringan mulai beroperasi,

mereka hanya mengatakan bahwa “closed mainnet sesuai dengan visi Pi tentang ekosistem berbasis utilitas”. 

Sedangkan harga PI belum ditetapkan, namun beberapa analis cryptocurrency sudah mulai membuat prediksi harga PI crypto.  

Harga Pi Network Terbaru 2022

Market koin pi belum dirilis namun pemilik koin pi network bisa menjual koin mereka kepada pengepul atau orang yang menginginkannya,

Harga pi network saat ini berkisar antara Rp. 6000 rupiah sampai Rp. 8500 rupiah. Perlu diperhatikan karena perdagangan langsung seperti ini sangat beresiko, untuk keamanan dana anda sebaiknya gunakan jasa perantara.

harga pi network

harga pi network terbaru

Prediksi Harga Pi Network

Melihat jangka panjang, harga koin PI pada tahun 2022 bergantung pada kapan cryptocurrency diluncurkan untuk diperdagangkan dan bagaimana performanya setelah peluncuran. Menurut perkiraan dari sejumlah pengguna di media sosial, harganya bisa berkisar antara $1 hingga ratusan ribu dolar. 

Perlu diketahui bahwa pasar mata uang kripto sangatlah fluktuatif, sehingga sulit untuk memprediksi secara akurat berapa harga koin tersebut dalam beberapa jam, bahkan lebih sulit lagi jika harus memperkirakan untuk jangka panjang seperti harga koin PI di tahun 2025. Dengan demikian, seorang analisis bisa saja keliru dalam memperkirakan harga koin. 

Sebelum membuat keputusan investasi apa pun, sebaiknya Anda selalu melakukan riset mandiri, dan memperhatikan tren terkini di pasar, berita, analisa teknikal dan fundamental, serta pendapat para ahli. Ingat, jangan menginvestasikan dana Anda melebihi jumlah yang Anda sendiri tidak mampu untuk kehilangannya. 

Apakah PI Network Adalah Investasi Yang Aman? 

Sekarang investor belum bisa memperjualbelikan koin Pi. Namun, jika Anda yakin bahwa proyek ini akan berhasil meluncurkan mata uang kriptonya, Anda bisa menambang koin ini. Atau, Anda bisa menunggu dan membelinya di bursa online. 

Mengenai apakah koin PI adalah investasi yang bagus untuk investasi dalam portofolio Anda, itu adalah keputusan yang hanya Anda sendiri yang bisa membuatnya. Namun, ingatlah untuk selalu melakukan riset terlebih dahulu.

Dan jangan pernah menginvestasikan uang melebihi jumlah yang Anda tidak mampu untuk kehilangannya. 

Bagaimana Masa Depan Koin PI? 

Masa depan koin PI tampaknya akan bergantung pada proses peralihan dari mainnet tertutup ke pengoperasian penuh serta penerapan berbagai aplikasi dalam ekosistem Pi Network, dan faktor-faktor lainnya. 

Dapatkah PI Network Menyentuh Harga $314159 ? 

Koin pi belum diluncurkan secara resmi dipasar. Sangat kecil kemungkinannya untuk memprediksi masa depannya dengan tingkat keakuratan seperti apapun. Kepercayaan Anda terhadap perkiraan harga PI coin (PI/USD) adalah keputusan Anda sendiri. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Dan jangan pernah menginvestasikan uang melebihi jumlah yang Anda tidak mampu untuk kehilangannya. 

Berapa Banyak Supply Koin PI Yang Tersedia? 

Saat ini belum ada koin PI yang beredar. Para pengembang sendiri belum memberikan detail mengenai jumlah koin Pi yang akan beredar setelah proyek berjalan, maupun berapa jumlah pasokan maksimalnya. 

Apakah Harga PI Network Akan Terus Naik Kedepannya? 

Perkembangan harga PI tergantung bagaimana proyek ini berkembang setelah diluncurkan dan diperdagangkan, serta efek sentimen di pasar mata uang kripto secara keseluruhan, dan faktor-faktor lainnya. 

Kapan Koin PI Akan Dipasarkan? 

Koin PI rencananya akan diluncurkan dalam pengembangan tahap ketiga Pi Network. Belum ada tanggal yang ditetapkan. Penentuan waktunya sangat tergantung pada perkembangan tahap pengujian dan setelah itu pendaftaran di bursa mata uang kripto. 

Mungkin Anda juga menyukai