Ketahui Apa itu Uniswap, Cara Menggunakan dan Cara Membeli Token UNI

Ketahui Apa itu Uniswap, Cara Menggunakan dan Cara Membeli Token UNI. Ekosistem decentralized finance (DeFi) saat ini tengah berkembang, dimana ekosistem ini bertujuan untuk menciptakan produk keuangan yang terdesentralisasi

dan non-kustodian untuk menggantikan pihak ketiga yang tersentralisasi pada berbagai kegiatan keuangan, seperti pinjaman, asuransi, dan berbagai turunannya. 

Uniswap merupakan salah satu contoh dari produk utama dalam ekosistem DeFi, yang merupakan Decentralized Crypto Exchange (“DEX”). DEX bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada centralized exchange (CEX),

seperti risiko peretasan, mismanajemen, dan tarif yang semena-mena. Namun, decentralized exchange juga memiliki masalahnya sendiri, terutama kurangnya likuiditas – yaitu kurangnya jumlah uang yang beredar di sekitar bursa yang membuat perdagangan terkadang kurang efisien. 

Uniswap berupaya untuk menyelesaikan masalah likuiditas pada Decentralized Exchange, dengan cara mengizinkan bursa untuk menukar token tanpa bergantung pada pembeli dan penjual yang menciptakan likuiditas tersebut. 

Di bawah ini adalah cara kerja Uniswap – dan bagaimana Uniswap menjadi salah satu bursa terdesentralisasi terbaik yang dibangun menggunakan Blockchain Ethereum. 

Apa itu Uniswap ? 

Uniswap adalah pertukaran terdesentralisasi yang menyediakan fasilitas pembuatan pasar peer-to-peer. Yang juga merupakan memiliki mata uang kripto yang diberi simbol dengan nama (UNI). Dengan platform Uniswap, pengguna dapat memperdagangkan mata uang kripto tanpa memerlukan kehadiran pihak ketiga yang terpusat. 

Uniswap juga menjadi salah satu Platform Decentralized Finance (DeFi) pertama yang mendapatkan banyak perhatian di Ethereum – pertama kali diluncurkan pada bulan November 2018. Semenjak saat itu,

banyak bursa terdesentralisasi lainnya mulai bermunculan ( seperti Curve, SushiSwap, dan Balancer), namun Uniswap merupakan bursa yang paling populer dengan keunggulan yang cukup signifikan. 

Blockchain Uniswap berjalan di platform Ethereum dan dikelola bersama oleh pemegang token UNI. 

Apa itu UNI? 

Uniswap meluncurkan token bernama UNI sebagai bentuk kepercayaan komunitas terhadap protokol, dan memungkinkan stakeholder untuk memberikan pendapatnya tentang berbagai inovasi protokol dan perkembangannya.

Pada saat Uniswap merilis token di bulan September 2020, Uniswap telah menerapkan metode distribusi yang unik, yaitu ” airdrop” 400 token UNI ke setiap alamat Ethereum yang pernah menggunakan protokol tersebut. Lebih dari 250.000 alamat Ethereum telah menerima airdrop. 

Bagaimana Cara Kerja Uniswap

Platform Uniswap menggunakan Smart Contract berbasis blockchain untuk memfasilitasi perdagangan terdesentralisasi dari berbagai aset digital yang berbeda. Pair aset digital ditukar melalui pool likuiditas,

yang menggunakan smart contract yang secara otomatis akan melakukan rebalance setiap kali melakukan perdagangan. Blockchain Uniswap, yang berfungsi seperti sebuah ledger (buku besar elektronik),

terus diperbarui untuk menggambarkan aktivitas perdagangan yang terjadi antar sesama pengguna Uniswap. Berfungsi sebagai bursa tanpa campur tangan otoritas pusat, Uniswap adalah sebuah market maker otomatis. 

Uniswap beroperasi di platform Ethereum, yang saat ini masih menggunakan metode operasi proof of work. (Terapi Ethereum secara bertahap bertransisi menjadi metode proof-of-stake saja). 

User dapat menggunakan Uniswap untuk melakukan transaksi yang terdesentralisasi dengan beberapa cara: 

Menciptakan market baru: Pengguna Uniswap dapat menggunakan Smart Contract untuk menciptakan market baru untuk menukar pasangan aset digital baru. 

Swap aset menggunakan market yang sudah ada: Uniswap dapat menggunakan platform ini untuk menukar aset digital melalui pasar terdesentralisasi yang telah dibuat. 

Menyediakan likuiditas untuk mendapatkan imbalan: Pengguna Uniswap dapat menyediakan likuiditas dengan staking – setuju untuk tidak memperdagangkan atau menjual – aset digital mereka. Mereka yang melakukan staking mata uang digital di platform Uniswap akan mendapatkan imbalan UNI. 

Berpartisipasi di Uniswap Governance: Pemegang token UNI memiliki wewenang untuk mengatur platform Uniswap, dengan kekuatan voting yang diberikan secara proporsional dengan saldo UNI pengguna. 

Untuk menggunakan Uniswap, Anda harus menghubungkan dompet digital yang kompatibel.

Selain itu, platform ini juga memberikan biaya untuk pemrosesan transaksi Uniswap, karena itu pengguna Uniswap membutuhkan Ether (ETH) untuk membayar biaya transaksi apa pun yang mereka lakukan. 

Bagaimana Cara Menggunakan Uniswap 

swap uniswap

Untuk menggunakan Uniswap, Anda membutuhkan dompet Ethereum, seperti Coinbase Wallet, dan sejumlah ETH (yang diperlukan untuk membayar biaya gas).

Menggunakan browser yang terdapat di aplikasi Coinbase Wallet atau ekstensi browser desktopnya, Anda dapat menggunakan app.uniswap.org untuk mulai menukar token atau menyediakan likuiditas.  

Salah satu kekhawatiran yang dihadapi hampir semua pengguna aplikasi berbasis Ethereum, termasuk Uniswap, adalah biaya transaksi (juga disebut gas) yang harganya sangat bervariasi dan seringkali harganya menjadi mahal untuk digunakan dalam jaringan.

Berbagai solusi untuk mengatasi masalah ini sedang dikembangkan, mulai dari peralihan yang telah lama direncanakan ke blockchain ETH2 (dijadwalkan pada tahun 2022). 

Dompet Kompatibel Dengan Uniswap 

dompet kompatibel uniswap

Dompet populer yang kompatibel dengen Uniswap seperti Coinbase Wallet, MetaMask, Trust Wallet Dan Fortmatic. 

Cara Membeli Token UNI 

Anda bisa membeli token UNI langsung melalui platform Uniswap dengan cara berikut : 

  1. Siapkah dompet Ethereum yang mendukung Uniswap (misalnya Metamask dan Coinbase Wallet) 
  2. Sediakan Ethereum (ETH) untuk biaya transaksi 
  3. Buka app.uniswap.org kemudian connect wallet 
  4. Pilih trading pair ETH ke UNI Jika anda ingin menukar Asset ETH dengan UNI 
  5. Klik Swap, kemudian akan muncul popup permintaan persetujuan transaksi, silahkan klik approve dan tunggu proses transaksinya 
  6. Selesai 

Anda juga bisa membeli token UNI melalui Centralized Exchange (CEX) populer yang ada di Indonesia, Seperti Indodax, Tokocrypto, Dan lainnya. 

 

Mungkin Anda juga menyukai